Senin, 09 Mei 2016

Khasiat Buah Kiwi Untuk Kesehatan

Pernah melihat bentuk buah kiwi? Tahukah anda apa saja manfaat atau khasiat buah kiwi untuk kesehatan? Pernahkah anda mendengar jika di antara khasiat buah kiwi ternyata dapat meningkatkan kekuatan sel kulit agar tetap kencang.

Tentang Buah Kiwi
Buah Kiwi adalah sejenis buah beri yang dapat dimakan oleh manusia. Kiwi termasuk juga karakter tanaman merambat berkayu dalam genus Actinidia, asli berasal dari Shaanxi, Tiongkok.

manfaat khasiat buah kiwi

Buah ini awalnya bernama Gosberi Cina, buah ini dinamai kembali dengan alasan ekspor marketing pada tahun 1950-an, menjadi melonette, kemudian berubah menjadi kiwi, diambil dari nama burung yang tak bisa terbang dari Selandia Baru, Kiwi.

Bentuk Buah Kiwi
Buah kiwi yang normal berbentuk oval, kira-kira sebesar telur ayam (5–8 cm / 2–3 in dan diameter 4.5–5.5 cm / 1¾–2 ).  Buah ini kaya serat, kulit berwarna hijau-kecokelatan dan daging buah berwarna hijau terang atau keemasan dengan biji kecil, hitam, dan bisa dimakan. Tekstur buah ini sangat halus dan rasanya yang unik, saat ini buah kiwi sudah ditanam di berbagai negara.

Khasiat Buah Kiwi
Berdasarkan berbagai penelitian ilmu kesehatan kedokteran ditemukan jika kulit buah kiwi yang berambut mengandung antioksidan yang tinggi. Bahkan dinyatakan jika kulit buah kiwi mengandung antioksidan tiga kali lebih banyak daripada dagingnya.

Berikut ini di antara manfaat dari kandungan antioksidan yang tingi, antara lain sebagai:
  • antikanker; 
  • antiperadangan; 
  • antialergen; 
  • melawan bakteri: Staphylococcus dan E-coli, yang membuat manusia keracunan makanan.
Dalam beragam peneletian kesehatan, buah Kiwi terbukti dapat menurunkan penyakit Hipertensi. Dalam buah kiwi terdapat ion potasium yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. (akan disampaikan dalam artikel kesehatan berikutnya)
Lokasi: Indonesia